Gejala / Tanda / Ciri Dari Kadar Asam Urat Tinggi

Gejala Asam Urat ~ Salam sehat untuk semua! Penulis selalu mengharapkan yang terbaik untuk sedulur disetiap harinya. Tidak dipungkiri bahwa membahas penyakit tidak akan ada habisnya, berbagai ahli di dunia sering meneliti akan beragamnya keluhan penyakit yang mungkin susah untuk ditentukan. Masih ada beberapa penyakit yang dokter pun belum memberi judul atau masih dalam tahap penelitian. Tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang hal yang sukar ditemukan kasusnya dimasyarakat, hal yang tidak asing kita jumpai, yaitu masih sekitar masalah asam urat.

Mungkin dari sekian pembaca memang kebanyakan penderita, namun bagi yang tidak, usia muda bukan jaminan untuk terhindar dari penyakit ini. Disinilah penulis memiliki inspirasi untuk menginformasikan hal terpenting seputar mengenai tanda atau gejala asam urat itu sendiri. Berikut saya temukan dari beberapa sumber yang terpercaya.

Gejala / Tanda / Ciri Dari Kadar Asam Urat Tinggi

Gejala / Tanda / Ciri Dari Kadar Asam Urat Tinggi

Persendian yang secara mendadak terasa sangat sakit (terutama sendi Ibu jari kaki) adalah gejala penyakit asam urat (gout) yang paling umum. Biasanya penderita gout ini kaku untuk melangkahkan kaki akibat rasa sakit yang pasti mengganggu. Meski dapat muncul tak kenal waktu, gejala ini umumnya terasa di malam hari. Selain gejala yang talah disebutkan, gejala penyakit asam urat lainnya ialah:
  • Kulit di atas sendi yang terlihat memerah dan mengilap.
  • Pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi yang mengalami radang.
  • Saat radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut terlihat mengelupas dan terasa gatal.
  • Rasa sakit yang tidak tertahankan terutama ketika sendi tersentuh benda apa pun, bahkan jika tersentuh selimut sekali pun.

Sendi yang paling sering di serang penyakit asam urat

Umumnya sendi-sendi yang letaknya di pangkal anggota badan bersifat rentan terkena serangan penyakit asam urat, terutama jempol kaki. Serangan pada bagian tersebut dialami sekitar tujuh puluh persen penderita untuk pertama kalinya,dan sebagian besar merasakan sakit di beberapa titik jempol kaki mereka.
Kendati begitu, penyakit asam urat dapat menyerang sendi mana pun dan bisa menyerang lebih dari satu sendi dalam waktu bersamaan, apalagi jika kurang diantisifasi. Selain jempol kaki, sendi-sendi yang rawan serangan penyakit asam urat adalah:
  • Siku
  • Lutut
  • Jari tangan
  • Pergelangan kaki
  • Kaki bagian tengah
  • Pergelangan tangan

Pola gejala penderita asam urat

Enam dari sepuluh penderita, rata-rata mengalami serangan berulang dalam tempo satu tahun. Meski penderita bisa saja kambuh tiap beberapa minggu, bulan, atau tahun, namun kapan terjadinya serangan penyakit asam urat susah diprediksi.

Umumnya gejala berkembang secara cepat dalam waktu beberapa jam perhari dan berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari. Setelah itu, rasa sakit dan tidak nyaman pada sendi akan berangsur-angsur normal dan sendi akan pulih kembali.

Terdapat beberapa penderita yang mungkin hanya merasakan serangan penyakit asam urat beberapa kali saja dalam hidup mereka. Namun pada sebagian besar penderita ini, semakain lama seranganakan semakin meningkat dari hari ke hari, dan dikhawatirkan  menjalar pada sendi-sendi yang baru.

Saatnya memeriksakan diri ke dokter

Jika penderita mengalami demam, segera periksakan diri ke rumah sakit, serta pembengkakan dan rasa sakit pada sendi yang terus memburuk setelah 24 jam. Dikhawatirkan Anda mengalami infeksi pada sendi atau septic arthritis yang patut ditangani sesegera mungkin karena berpotensi darurat medis.

Jika Anda merasakan serangan penyakit asam urat sesuai gejala yang tertulis sebelumnya, banyak konsultasilah ke angan ahli, walaupun rasa sakit telah mereda. Karena serangan penyakit asam urat tinggi kemungkinan bisa terjadi kembali di masa mendatang dan jika tidak segera diobati, dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan sendi yang lebih parah.
Jika gejala-gejala yang Anda rasakan tersebut merupakan pengalaman pertama bagi Anda, tanyakanlah kepada ahlinya mengenai kepastian diagnosisnya karena penyakit lainnya seperti infeksi sendi, juga memiliki gejala yang sama dengan penyakit asam urat berlebih.

Jika sudah dikonsultasikan, semasa pengobatan Anda biasanya dianjurkan dokter untuk mengonsumsi obat-obatan sesuai yang telah diresepkan untuk menuntaskan gejala asam urat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala / Tanda / Ciri Dari Kadar Asam Urat Tinggi"

Post a Comment