Bahaya Asam Urat yang Menyerang Tubuh, Wajib Tahu!

Bahaya Asam Urat yang Menyerang Tubuh, Wajib Tahu!

Asam urat merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian-bagian persendian pada tubuh. Asam urat dapat terjadi karena konsumsi zat yang bernama purin secara berlebihan dan membuat zat purin tersebut gagal dicerna dan di keluarkan oleh ginjal. 

Ketika zat purin tersebut tidak mampu dicerna dan dikeluarkan oleh ginjal, maka zat purin tersebut akan mengkristal dan menempel serta menumpuk pada bagian-bagian persendian, sehingga menghambat kerja persendian dan menjadikan penyakit asam urat. 

Ada beberapa orang yang menganggap asam urat adalah penyakit ringan yang dapat dengan mudah disembuhkan, hal ini disebabkan oleh gelaja awal penyakit asam urat yang ditandai dengan rasa nyeri yang akan hilang dengan sendirinya. 

Karena rasa nyerinya hanya terjadi sebentar saja, banyak yang menganggap bahwa penyakit ini tidak perlu diobati. Padahal, Anda seharusnya berhati-hati terhadap penyakit ini dan ketahui bahaya asam urat yang sebenarnya. 

Anda harus tahu bahwa semua penyakit bisa berakibat buruk jika tidak ditangani dengan baik dan cepat, termasuk penyakit asam urat ini yang bisa sangat berbahaya jika Anda tidak melakukan pengobatan secepatnya.

Penyebab Asam Urat

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita asam urat yang tinggi pada tubuhnya, antara lain :

Gaya Hidup Gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi, juga akan mempengaruhi tingginya resiko seseorang dalam mengidap penyakit asam urat.

Genetik 
Penyakit asam urat ini juga sering dikaitkan dengan faktor keturunan, dimana seseorang akan mudah terkena asam urat apabila memiliki garis keturunan asam urat di keluarganya.

Jenis Kelamin
Pria ternyata memiliki resiko mengalami penyakit asam urat lebih tinggi dibandingkan wanita. Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan asam urat yang tinggi, maka anda juga harus mengetahui, apa saja bahaya dari jenis penyakit asam urat tinggi ini.

Produksi asam urat meningkat juga bisa karena penyakit darah (penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat-obatan (alkohol, obat-obat kanker, health food B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psoriasis), kadar trigliserida yang tinggi.

Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik biasanya terdapat kadar benda-benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi, benda-benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut meninggi. Selengkapnya baca faktor utama penyebab asam urat secara mendetail.

Bahaya Asam Urat yang Menyerang Tubuh, Wajib Tahu!

Berikut ini beberapa bahaya jika kadar asam urat dalam darah tinggi :
Nyeri dan Sakit Parah pada Persendian
Asam urat yang tinggi, yang gagal di cerna seharusnya dikeluarkan oleh ginjal. Jika tidak, akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat yang runcing dan menempel pada bagian persendian. Kristal-kristal ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang berlebihan ketika menggerakkan bagian tubuh yang ditempeli kristal tersebut.
Menghambat Aktivitas
Rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian akan sangat mengganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bayangkan ketika tubuh harus bergerak, namun merasakan sakit yang luar biasa pada bagian persendian, pastinya akan sulit untuk bergerak dan pada akhirnya aktivitas menjadi terbengkalai dan terhambat.
Asidosis Metabolik
Asidosis metabolik merupakan suatu kondisi dimana ginjal sulit melakukan pembuangan kandungan asam urat dalam tubuh, sehingga akhirnya asam urat tersebut akan mengkristal dan menempel pada persendian tubuh. Kondisi asidosis metabolik ini akan meningkatkan frekuensi dari pengambilan nafas, yang nantinya akan membuat keadaan : nafas anda menjadi tersengal-sengal merasa pusing lemas hilangnya kesadaran yang akan berujun pada kematian Asidosis metabolik ini dapat terjadi ketika tubuh memiliki asupan purin yang terlalu tinggi dan meningkatkan kandungan asam urat melebihi standar, yaitu 7 mg / dl.
Batu Ginjal 
Bahaya asam urat yang tinggi dan kelebihan asam urat pada urine akan menyebabkan terjadinya batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kondisi asam urat yang kemudian mengkristal dan pada akhirnya akan menjadi batu ginjal, yang akan menyumbat bagian saluran urin seseorang. Hal ini akan berakibat anda akan merasakan nyeri ketika akan membang air kecil.
Gagal Ginjal 
Asam urat yang tinggi, akan membentuk kristal-kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Selain itu ketidak mampuan ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal, yaitu salah satunya adalah munculnya gejala gagal ginjal, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi anda yang menderita asam urat tinggi.
Pirai 
Pirai merupakan kondisi dimana seseorang mengalami nyeri yang sangat mengganggu dan luar biasa pada bagian sendi-sendi kecil dan bagian telapak kaki. Hal ini merupakan dampak umum yang terjadi ketika mengalami asam urat. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, maka tubuh akan memproduksi asam urat yang banyak pula, hal ini memicu terjadinya pengkristalan dan mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan.
Penyakit Jantung Koroner 
 Asam urat tinggi atau Hiperurkemia memiliki hubungan yang erat sekali dengan jenis penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki suatu sindrom yang menyebabkan adanya kelainan pada bagian insulin, dimana dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, serta menyebabkan hipertensi dan pada akhirnya berujung pada munculnya gejala penyakit jantung coroner. Dengan berbagai bahaya yang ditimbulkan, maka anda perlu memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang dapat timbul dari asam urat yang tinggi ini.

Bahaya Asam Urat yang Menyerang Tubuh, Wajib Tahu!

Tips Mengurangi Kadar Asam Urat Tubuh
Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi kadar asam urat yang terkandung di dalam tubuh anda:

Kurangi Rasa Sakit dengan Obat Asam Urat
Obat-obatan yang diproduksi untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat sudah bayak beredar di pasaran. Anda bisa mengkonsumsi obat-obat tersebut dengan resep dokter, untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul akibat asam urat yang tinggi. Jika anda ingin mengetahui cara menyembuhkan penyakit ini dengan obat generik dan paten, baca artikel sebelum ini sekarang juga.

Banyak Minum Air Putih
Air putih akan sangat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan. Air putih juga sangat berguna untuk memperlancar pembuangan urine dan dapat mencegah terjadinya gejala batu ginjal. disamping itu, air putih termasuk salah satu obat alami asam urat, silahkan klink linknya bila ingin mengetahui secara lengkap.

Konsumsi Makanan Potasium Tinggi
Makanan yang mengandung potasium tinggi dapat membantu mengurangi kandungan asam urat yang terdapat di dalam tubuh. Makanlah pisang, yoghurt kentang untuk mencegah asam urat.

Hindari Bahan Makanan Pemicu Asam Urat Tinggi
Ini adalah suatu pantangan yang tidak boleh dilanggar apabila sudah merasakan gejala dari tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab asam urat yang wajib dihindari, apabila kadar asam urat sudah tinggi :
  • Jeroan
  • Coklat
  • Kafein
  • Melinjo
  • Emping
  • Kedelai
  • Makanan Hasil Laut
Kadar asam urat ini memiliki standar tersendiri di dalam tubuh manusia. Kandungannya diwajibkan jangan sampai lebih dari 7 mg / dl di dalam tubuh. Apabila kandungan asam uratnya melebihi standar tersebut, maka akan menimbulkan bahaya asam urat dengan rasa sakit pada bagian persendian.

Hal ini, sebagai akibat dari menumpuknya asam urat pada bagian persendian ini. Semoga artikel yang berkaitan dengan bahaya asam urat ini dapat membantu anda dalam mencari informasi yang akurat. Artikel ini saya kutip dari situs terpercaya seperti alodokter dan lain-lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahaya Asam Urat yang Menyerang Tubuh, Wajib Tahu!"

Post a Comment