Rahasia Kumpulan Obat Asam Urat Tradisional Dan Modern

Obat Asam Urat; Padatnya aktivitas memang bukan tanpa resiko. Tapi demi terpenuhinya semua kebutuhan merupakan kewajiban kita, apalagi kita sebagai tulang punggung dari keluarga. Wajar memang semua itu dilakukan, tapi ada yang lebih penting dari itu semua, yaitu sehat. Segudang aktivitas yang kita jalani sehari-hari tidak akan berjalan optimal jika kita tidak pandai menjaga kesehatan.

Salah satu penyakit yang sering diderita pekerja aktif adalah asam urat tinggi. Tidak bisa dielakan lagi, penyakit kebanyakan datang secara tak terduga. Maka dari itu, hidup teratur dan pola makan sehatlah sebagai tameng pelindung diri kita dari berbagai penyakit.

Bagi siapa saja yang mempunyai pekerjaan yang berat, persendian memang rawan akan terkena penyakit, salah satunya asam urat tinggi. Rasa sakit yang diderita memang sangat mengganggu kita, lebih-lebih jika asam urat sudah menjelma menjadi pembengkakan pada tulang sendi kita. Tapi jangan khawatir dengan semua itu, karena setiap penyakit pasti disediakan penawarnya, kita harus yakini itu.

Rahasia Kumpulan Obat Asam Urat Tradisional Dan Modern

Obat Asam Urat

Masuknya anda ke blog sederhana ini tidak lain karena anda memiliki keluhan seputar asam urat. Namun tidak itu saja, yang paling utama adalah bagaimana caranya anda sembuh dari penyakit ini.  

Obat Asam Urat Tradisional

Banyak yang menjadi alasan penulis mencantumkan obat alami ini sebelum resep obat dari apotik, salah satunya karena mungkin tidak semua orang punya biaya untuk membeli obat Apotik atau pergi ke dokter. Atau misalkan diantara anda banyak yang sudah bosan dengan obat-obatan kimiawi namun penyakit tak kunjung sembuh total dan kembali kambuh. Berikut ini ulasan obat tradisional yang ampuh dan aman untuk penderita asam urat:
  • Perbanyak Meminum Air Putih

Bayak meminum air putih merupakan awal dari asupan makanan yang harus anda perhatikan. Setidaknya 12 gelas perhari untuk memperlancar urin dan nantinya kadar asam yang membahayakan akan perlahan larut terbawa oleh air kencing tersebut. Jika anda pergi ke dokter pun, hal pertama yang menjadi saran dokter biasanya perbanyak mengonsumsi air putih ini. Memang resiko kecilnya adalah dipastikan anda akan mondar-mandir ke kamar mandi, tapi itu bukan suatu halangan bagi penderita yang menginginkan agar proses penyembuhan berjalan dengan baik. Penulis kasih tau bahwa, tidak hanya pengidap penyakit asam urat saja, apapun jenis penyakitnya atau jika kondisi sehat sekalipun dianjurkan untuk banyak mengonsumsinya, guna untuk menjaga stamina dengan mencukupi cairan yang dibutuhkan tubuh.
  • Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Jika asam urat anda tinggi dan rasa sakit sedang kambuh, disarankan untuk mengonsumsi vitamin C 1000 mg dalam waktu satu jam, terutama pada tahap awal penyakit ini kambuh. Jika rasa sakit sudah mulai mereda dan kadar asam urat menurun perlahan, silahkan untuk mengonsumsinya kurangi, seperti dalam kisaran 200-500 mg/hari guna untuk metode pencegahan. Contoh buah yang kaya akan vitamin c adalah pepaya, jeruk dan tomat. Silahkan perbanyak memakan buah tersebut sebagai obat asam urat.
  • Perbanyak Memakan Makanan Bersifat Basa


Dr. Theodore. A, seorang dokter terkemuka ahli penyakit dalam, dalam salah satu bukunya menganjurkan agar penderita penyakit kelebihan zar asam dalam tubuh (urin dan darah) untuk sering mengonsumsi bahan makanan yang bersifat basa (rendah kadar lemak) yang umumnya dimiliki oleh sayuran dan buah-buahan. Utamanya, makanan ini dapat membantu memperlancar ginjal dalam menetralisir kembali asam urat tinggi dan menghancurkan kristal-kristalnya.
  • Konsumsi Kumis Kucing

Obat herbal asam urat yang biasa dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional adalah kumis kucing atau Orthosiphon Aristatus. Tanaman ini cukup dikenal sebagai media ttradisional yang mujarab. Kandungan terbaik dari obat ini adalah garam kalium yang bisa berfungsi sebagai penghancur batu pada saluran kencing. Kumis kucing juga memiliki sifat diuretik yang bisa menetralkan kandungan asam urat berlebih pada tubuh melalui proses buang air kecil atau urin.

Rahasia Kumpulan Obat Asam Urat Tradisional Dan Modern

Obat Asam Urat Di Apotik

1. Anti-nyeri (analgesik).

Untuk mengatasi rasa nyeri, pasien memerlukan obat antinyeri yang cukup kuat. Pereda nyeri sekelas parasetamol biasanya tidak cukup kuat untuk melawan nyeri akibat asam urat. Karena cara kerjanya hanya meredakan nyeri dan radang, obat kelompok ini sama sekali tidak berurusan dengan kristal asam uratnya. Dan karena khasiatnya meredakan nyeri, obat-obat ini biasa juga diresepkan untuk rematik jenis lain.

Hampir semua antinyeri kuat adalah obat resep, bukan obat bebas. Antinyeri agak kuat yang masih bisa dibeli tanpa resep misalnya ibuprofen. Adapun sebagian besar lainnya termasuk obat resep, misalnya diklofenak, piroksikam, meloksikam, ketoprofen, tinoridin.

Obat-obat di atas termasuk pereda nyeri “kelas berat” dan bisa mengiritasi lambung. Oleh karena itu obat-obat ini sebaiknya diminum bersama makanan, dan digunakan dengan sangat hati-hati pada penderita sakit mag.

Selain itu, obat golongan ini juga bisa meningkatkan kemungkinan masalah jantung dan pembuluh darah. Karena itu, jangan gunakan obat-obat di atas kecuali atas petunjuk dokter.Begitu nyeri sudah hilang, pemakaian obat pereda nyeri sebaiknya dihentikan untuk menghindari efek buruknya.

Untuk mengurangi efek iritasi lambung, tablet obat-obat ini biasanya dilapisi selaput tipis yang menjaga obat bisa melewati lambung dalam keadaan utuh dan baru pecah saat di usus. Sebagai konsumen awam, kita mungkin sulit membedakan tablet yang berselaput dan yang tidak. Gampangnya, kita harus menelan obat-obat di atas dalam keadaan utuh, jangan sampai dibelah atau dikunyah.

2. Kortikosteroid.

Untuk menghilangkan radang, dokter mungkin akan meresepkan kortikosteroid seperti prednisolon, deksametason, dsb. Obat ini memiliki banyak efek samping. Karena itu pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk dokter. Baca juga Bab Kortikosteroid.

3. Kolcisin.

Obat ini bukan golongan pereda nyeri melainkan antiradang. Termasuk obat “sangat keras” karena punya banyak efek buruk misalnya muntah dan diare. Batas keamanannya juga sangat sempit, kelebihan dosis sedikit saja bisa berefek fatal. Karena itu, gunakan hanya sesuai petunjuk dokter. Contoh merek dagang: Recolfar®.

Penyebab dan Gejala Asam Urat Tinggi

Mungkin dari sekian pengunjung blog sederhana ini ada yang belum mengenal penyebab dan gejala terjadinya asam urat tinggi. Disini penulis akan memberi sedikit pengetahuan bagi anda, berikut adalah ulasan singkatnya:

Penyebab Asam Urat

Sejatinya asam urat itu sudah ada sejak kita menjadi manusia, namun kenormalan dan tidaknya lah yang seakan kita asing dengan hal ini. Bagaimana asam urat ini bisa berubah sewaktu-waktu? Penyebab utamanya tidak lain adalah asupan zat purin yang tidak terkontrol yang melebihi batas. Zat purin ini umumnya disebabkan lagi-lagi karena konsumsi makanan yang mengandung purin terlalu banyak tentunya. Contoh dari makan yang berpurin tinggi diantaranya ragi, kacang-kacangan, anggur dan lain sebagainya. 

Gejala Asam Urat

Timbulnya rasa sakit/nyeri pada pagi dan malam hari di bagian persendian, atau terasa ngilu, bahkan tampak bengkak dan meradang (berwarna kemerahan) merupakan gejala umum yang dihadapi penderita asam urat tinggi. Rasa nyeri tersebut terjadi secara berulang-ulang dan menyerang bagian-bagian tubuh seperti, sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku dan pergelangan tangan. Untuk lebih lengkapnya, baca: Gejala / Tanda / Ciri Dari Kadar Asam Urat Tinggi

Akhir kata dari penulis mengenai Obat Asam Urat ini, semoga sembuh serta salam sehat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rahasia Kumpulan Obat Asam Urat Tradisional Dan Modern"

Post a Comment