Daun Sirsak Obat Penumpas Alami Asam Urat Ampuh Tanpa Efek Samping

 Daftar Pustaka

  • Anonim 1989, Materia Medika Indonesia, Jilid V, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta
  • Dalimartha, S., 2003, Atlas Tumbuhan Obat Jilid 3, Trubus Agriwidya, Jakarta.
  • Mclaughlin., 2008, Paw-paw and Cancer Annonaceous Acetogenin from Discovery to Comercial Products, Department of Medicinal Chemistry and Molecular Pharmacology, School of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, Purdue University, 71(7):1311–1321.
  • Syamsuhidayat, S.S dan Hutapea, J.R, 1991, Inventaris Tanaman Obat Indonesia, edisi kedua, Departemen Kesehatan RI, Jakarta Tjitrosoepomo, G., 1971, Taksonomi Tumbuhan Obat (Spermatophyta), Gadjah Mada University Perss, Yogyakarta.
Daun Sirsak Obat Penumpas Alami Asam Urat Ampuh Tanpa Efek Samping

Gizi & Senyawa Aktif  Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung banyak senyawa bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit terutama asam urat bisa dilihat pada gambar berikut :

Daun Sirsak Obat Penumpas Alami Asam Urat Ampuh Tanpa Efek Samping

Awalnya, senyawa yang terkandung dalam tanaman sirsak ditemukan sebagai senyawa yang dapat digunakan untuk pestisida dan antiparasit saja. Senyawa ini digunakan untuk membunuh larva hama seperti helicoverpa armigera. Namun demikian, sebagian masyarakat Indonesia sudah mengenal tanaman sirsak secara turun menurun sebagai tanaman obat.

Masyarakat Aceh memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati batuk. Di Madura, buahnya digunakan untuk mengobati diare dan sakit perut, sedangkan di daerah Kalimantan, secara tradisional memanfaatkannya untuk mengobati demam.

Padahal kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Biji bersifat racun dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, seperti juga biji srikaya. Daun sirsak bermanfaat meenurunkan asam urat tinggi, menghambat sel kanker dengan menginduksi apoptosis, antidiare, analgetik, anti disentri, anti asma, anthelmitic, dilatasi pembuluh darah, menstimulasi pencernaan, mengurangi depresi (McLaughlin, 2008).

Annonaceous acetogenins adalah senyawa fitokimia terpenting yang terdapat pada tanaman sirsak. Senyawa ini bersifat sitotoksik yang secara spesifik ditemukan pada tanaman dari keluarga annonaceae. Jerry McLaughlin PhD dari Purdue University menemukan senyawa acetogenins pada buah paw paw, Asimina triloba.

Paw paw merupakan tanaman satu keluarga dengan sirsak yaitu sama-sama anggota keluarga Annonaceae. Pada tahun 1995-1996, Jerry Mc Laughlin PhD dari Purdue University, Indiana, Amerika Serikat dan Profesor Soelaksono dari Institut Teknologi Bandung dalam penelitiannya menemukan senyawa yang termasuk kedalam annonaceous acetogenins dari daun dan batang pohon sirsak.

Daun Sirsak Obat Penumpas Alami Asam Urat Ampuh Tanpa Efek Samping

Daun Sirsak Obat Penumpas Ampuh Asam Urat Tanpa Efek Samping

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah belinjo. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak.

Kemampuan daun sirsak yang dapat meredakan nyeri dan menekan peradangan akan sangat membantu dalam mengatasi penyakit asam urat secara herbal. Karena asam urat adalah penyakit dengan menumpuknya asam urat berlebih pada daerah sendi sebagai akibat tidak mampunya ginjal dalam mengeluarkan asam urat ke luar tubuh.

Cara memanfaatkannya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat. Selain menyembuhkan penyakit asam urat, air rebusan daun sirsak juga berkahasiat sebagai pencegah penyakit diabetes mellitus. Bahan yang dibutuhkan untuk ramuan asam urat ini adalah daun sirsak yang masih muda sebanyak 10 lembar dan rebus menggunakan air bersih sebanyak 4 gelas direbus hingga mendidih sampai kira-kira menjadi 2 gelas kemudian dinginkan sampai benar-benar dingin.

Setelah itu, Anda dapat meminum air rebusan daun sirsak tersebut 3 kali sehari secara rutin (pagi-siang/sore-malam). Dalam waktu cepat Insayallah Anda pasti bisa merasakan akan asam urat Anda yang perlahan menjadi sembuh dan yang paling unggul dari obat alami/herbal adalah tanpa efek negatif dan ketergantungan yang sering dikeluhkan oleh pengkonsumsi obat warung atau apotek.

Selain asam urat, daun sirsak diyakini mampu memberikan efek yang sangat cepat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk kanker. Selain itu, daun sirsak dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan kandungan acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin yang banyak.

Gejala-gejala orang yang terkena asam urat:

Lalu bagaimana gejala asam urat itu? Sangat penting sekali bagi anda yang belum mengetahui apa saja gejala-gejala yang timbul jika anda terkena penyaki ini, silahkan simak uraian berikut ini agar anda & keluarga bisa mewaspadai dan mengantisipasinya dengan cepat dan tepat :
  • Timbulnya rasa nyeri yang sangat, kesemutan, linu, sakit dan bengkak hingga timbulnya peradangan disendi-sendi tubuh sehingga timbul warna merahdiarea tersebut.
  • Sendi-sendi tubuh yang terserang penyakit asam urat tinggi biasanya adalah bagian siku, sendi pergelangan tangan, tumit, dengkul, jaritangan hingga sendi kaki.
  • Gejala nyeri dan sakit yang terjadi secara berulang-ulang diarea persendian tubuh.
  • Rasa sakit dan nyeri yang timbul diarea persendian itu biasanya akan muncul dipagi hari ketika bangun tidur dan dimalam hari.
  • Ketika akan bergerak maka muncul rasa sakit dan nyeri disekitar persendian. 

Daun Sirsak Obat Penumpas Alami Asam Urat Ampuh Tanpa Efek Samping

Pantangan Penderita Asam Urat

Setelah Anda tahu gejala dari terjadinya asam urat, pasti Anda masih bertanya-tanya. Ada kalanya atau sebaiknya Anda juga tahu jenis makanan apa yang menjadi penyebabnya? Baik, kita akan mempelajari makanan penyebab-penyebab terjadinya Asam Urat Tinggi sekaligus pantangan bagi penderitanya. Berikut uraiannya :
  • Daging merah

Tidak semua daging memiliki kandungan purin yang sama, selain daging merah, daging putih sebenarnya lebih baik dikonsumsi dan menyehatkan. Mengkonsumsi daging merah sebaiknya dalam jumlah wajar dan cukup sesekali saja.
  • Daging domba

Daging domba memiliki kandungan zat purin yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan makan terlalu banyak daging domba. Bagi seseorang yang bergolongan darah A dapat menimbulkan kanker usus.
  • Daging ayam

Daging ayam memiliki kandungan lemak yang tinggi, juga kandungan zat purin sebesar 169mg/100g. Mengkonsumsi daging ayam setiap hari berisiko meningkatkan asam urat
  • Hati Ayam

Terdapat kandungan kolesterol yang tinggi pada hati ayam sehingga menyebabkan penyakit asam urat dan jantung. Selain itu didalam hati ayam terkandung bakteri campylobacter. Untuk menghindari tubuh tercemar bakteri tersebut dianjurkan agar proses masaknya dilakukan sampai matang.
  • Kalkun

Kalkun memiliki kadar asam urat yang tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya, oleh karena itu tidak disarankan membatasi frekuensi makan daging kalkun
  • Daging bebek

Daging bebek mengandung 2 macam serat yaitu serat merah 84% dan serat putih 16%. Serat merah mempunyai kadar protein yang rendah serta kadar lemak yang tinggi. Oleh sebab itu kadar lemak yang tinggi menyebabkan obesitas.
  • Jeroan sapi

Jeroan sapi mengandung kolesterol yang tinggi, namun jika dikonsumsi tidak berlebihan jeroan bermanfaat bagi tubuh. Manfaat jeroan adalah sebagai penghasil karbohidrat vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang terdapat dalam jeroan adalah vitamin B1 dan B12 yang harus dipenuhi dalam kebutuhan nutrisi manusia. Jeroan sapi juga bermanfaat untuk mengatasi anemia karena kandungan asam folat pada jeroan berfungsi untuk metabolisme inti sel darah merah
  • Daging kuda

Daging kuda mengandung zat purin yang cukup tinggi yaitu 200mg/100g sehingga menyebabkan peningkatan asam urat.
  • Hati sapi

Hati sapi mengandung vitamin A dan vitamin B12, namun tidak disarankan mengkonsumsi hati sapi terlalu sering bagi penderita kolesterol. Hati sapi merupakan organ penyaring racun dalam tubuh hewan sehingga sangat rentan tercemar zat beracun.
  • Daging angsa

Daging angsa mengandung zat purin yang tinggi sekitar 165mg/100g. Kandungan purin pada daging angsa menyebabkan resiko asam urat tinggi.
  • Lidah sapi

Kandungan vitamin pada lidah sapi yakni vitamin B12 yang berfungsi untuk mengatasi anemia. Sama dengan limpa dan hati sapi, dianjurkan tidak mengkonsumsi lidah sapi terlalu sering karena lidah sapi memiliki zat purin penyebab asam urat yang cukup tinggi.


Akhir kata, semoga postingan kali ini masih mengenai daun sirsak obat asam urat alami, sangat bermanfaat untuk kita semua. Mohon kritik dan sarannya kemanfaatan blog kecil ini, baik dari segi format tulisan dan lain sebagainya. Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daun Sirsak Obat Penumpas Alami Asam Urat Ampuh Tanpa Efek Samping"

Post a Comment