Daun Sambiloto Si Pahit Obat Asam Urat Alami Terbaik

Sambiloto Obat Asam Urat - Asam urat tinggi dan pengobatannya memang kini sangat dicari, karena bagi mereka penderita penyakit asam urat tinggi, info ini sangat diperlukan sekali guna mengurangi jumlah populasi korban dari penyakit tersebut. Memang tidak mematikan, akan tetapi lama-kelamaan si penderita akan merasa jengah & kesal yang amat sangat. Apalagi jika mereka telah bosan pergi ke tempat-tempat pengobatan, baik seperti rumah sakit, akupuntur, panti pijat dan lain sebagainya.

Daun Sambiloto Si Pahit Obat Asam Urat Alami Terbaik

Maka dari itu, disini kami menawarkan solusi yang oleh banyak orang dipercaya akan mendapatkan hasil yang signifikan, yaitu dengan mengonsumsi keampuhan daun sambiloto.

Daun Sambiloto Si Pahit Obat Asam Urat Alami Terbaik

Sebagai kaidah umum, kita tahu bahwa "Setiap penyakit pasti ada obatnya" atau ada banyak orang mengatakan "Tidak mungkin Tuhan itu menciptakan masalah tanpa ada solusinya". Namun terkadang kebanyakan orang sering mengeluh, bukan karena tidak percaya terhadap kaidah tersebut, alasan yang pasti biasanya karena biaya berobatnya yang kian selangit. Padahal jika dilihat dari segi penyakitnya itu tidak seberapa parah. Namun itulah kenyataan yang ada di Negeri kita.

Namun kita tak perlu khawatir, karena pepetah lama mengatakan Tak ada rotan akar pun jadi, hehe. Artinya yaitu kita jangan kehabisan ide untuk hidup sehat! Sabar - Ikhtiyar - Tawakal, itu adalah kunci dan segala solusinya, "Tak ada Akupuntur, Dapur pun jadi" hehe.

Nah, dari dapur inilah ide penulis artikel ini muncul. Bagaimana cara menawarkan solusi jitu agar asam urat minggat dengan cepat, hemat dan selamat. Berbekal sebuah jaringan internet, penulis mencoba mencari informasi untuk ini, dan Alhamdulillah sampai sekarang, sudah belajar membuat beberapa artikel yang khusus penulis buat seputar asam urat dan cara alami dalam pengobatannya. Semoga bermanfaat untuk penulis sendiri dan yang terpenting bagi pembaca dan penderita.

Mengenai asam urat, begini saja, apakah anda tiba-tiba pernah merasakan rasa sakit yang sangat mengganggu pada bagian sendi, terutama sendi jempol kaki disertai dengan bengkak kemerahan? Jika pernah mungkin Anda menderita penyakit asam urat atau nama lainnya adalah penyakit pirai atau gout.

Penyebab penyakit ini merupakan sejenis radang sendi yang diakibatkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi yang jika terjadi pembengkakan merupakan sebagian gejalanya. Penyakit asam urat hanyalah salah satu dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda. Disana saya telah membahasnya sedetail mungkin dan sepengetahuan saya.

Daun Sambiloto Si Pahit Obat Asam Urat Alami Terbaik

Nama lain dari daerah tertentu untuk sambiloto ini, antara lain:
  • Sambilata (Melayu);
  • Ampadu tanah (Sumatera Barat);
  • Sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah);
  • Ki oray (Sunda);
  • Pepaitan (Madura);
  • Salah satu nama asingnya Chuan xin lien (Cina).
Sambiloto merupakan tumbuhan yang terkenal pahit sekali ini, dapat dipercaya berkhasiat obat dan dapat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia Tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaysia, kemudian ditemukan di Jawa.

Tanaman ini Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Tanaman sambiloto ini dapat tumbuh subur pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama.

Pada umumnya, tanaman sambiloto atau andrographis paniculata telah sekian lama digunakan khususnya di negara-negara Asia seperti di India, China, Indonesia, Thailand, dan yang lainnya sebagai bahan alami untuk meningkatkan imun dan mengobati demam. Padahal jika kita mengetahui kandungan nutrisi daun ini, akan banyak sekali jenis penyakit yang bisa ditangani olehnya khususnya Sambiloto Obat Asam Urat.

Kandungan Sambiloto

Berikut kandungan zat yang bagus yang terdapat dalam tanaman ini:
  • diterpen lakton andrografolida,
  • andrografin (zat pahit),
  • panikolin,
  • alkane,
  • keton,
  • aldehid,
  • mineral (kalsium, kalium, natrium),
  • asam kersik dan damar
  • panikolida, serta
  • antioksidan flavon.
  • Flavonoid yang paling banyak terdapat dari akar, yaitu : polimetoksiflavon, andrgrafin, panikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin.
Sebagaimana keistimewaan tumbuhan yang sering dijumpai tumbuh bebas di tepian jalan ini mempunyai kandungan andrographolide yang tidak terdapat pada tumbuhan lain. Selain itu Sambiloto juga memiliki kandungan zat panicolin. Kedua kandungan ini secara spesifik berfungsi untuk adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah perusahaan farmasi di Amerika sudah menggunakan sambiloto sebagai salah satu obat untuk penderita HIV/Aids. Ada juga percobaan farmakologi yang pernah dilakukan di salahsatu labolatorium terbaik AS menunjukkan, bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

Daun Sambiloto juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat penyakit tifus dengan cara merebus 10-15 lembar daun sampai mendidih, setelah didinginkan air rebusan tersebut dapat diminum sebagai obat.

Senyawa flavanoid, keton, alkane, aldehid, kalium serta natrium inilah yang menjadi alat tempur tanaman ini untuk pengobatan penyakit asam urat yang kita cari. Berikut cara meramunya:

Daun Sambiloto Si Pahit Obat Asam Urat Alami Terbaik

Cara Meracik Ramuan Sambiloto Untuk Mengatasi Asam Urat

  • Sediakan 10 gram tanaman Sambiloto kering,
  • 10 gram rimpang temulawak kering,
  • 10 gram daun Komfrey kering dan 1 gram lada,
  • Cucilah sampai benar-benar bersih, rebus dengan 5 gelas air,
  • Didihkan hingga menjadi 3 gelas lalu dinginkan,
  • Setelah disaring, air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari masing-masing satu gelas.
Adapaun penyakit yang dapat diatasi dengan rumput pahit nan ajaib ini sangat banyak, sebagaimana telah disinggung sedikit diatas. Agar lebih jelasnya, penulis akan mencantumkan beberapa saja dalam uraian berikut ini :
  • Memabantu Mengatasi Pengobatan HIV
  • Zat Senyawa yang terkandung dalam daun sambiloto salahsatunya yaitu Andrograpolida yang dapat mencegah transmisi virus ke sela lain dalam tubuh dapat menahan atau menghentikan perkembanagn penyakit ini dengan mengubah sinyal antar sel.
  • Mencegah Kanker
  • Daun Sambiloto dapat mengobati penyakit seperti trofoblas seperti hamil anggur (mola hidatisoda), dan penyakit trofoblas ganas (tumor trofoblas) serta tumor paru yang merupakan cikal bakal terjadinya kanker.
  • Nurisi Anti-Inflamasi
  • Sambiloto mengandung zat dehidroandrografollida, neoandrografolida dan andropolida yang mengurangi produksi histamin, dimetiol benzena dan adrenalin. Dehidroandrografolida dapat meningkatkan sintesis dan pengeluaran hormon ACTH di kelenjar pitutari. ACTH berfungsi mengeluarkan sinyal untuk membuat kortisol, yaitu agen anti inflamasi alami. 
  • Mencegah Penyakit Jantung 
  • Ekstrak sambiloto dapat memperlamabat waktu pembentukan plak yang menyempitkan pembuluh darah, membantu proses alami pelarutan plak dan menghaluskan otot saluran darah.

Khasiat Penting Lainnya

Senyawa sambiloto khususnya zat andrografolida menunjukan aktivitas yang efektif untuk mencegah penyakit hati/hepar, meningkatkan sistem imun, anti diabetes, pencegahan malaria, daya tahan tubuh, dan lain sebagainya.


Demikian artikel Sambiloto Obat Asam Urat ini saya buat dengan sukarela dan penuh harapan terutama agar bermanfaat banyak bagi semua pembaca dimanapun anda berada dan tentunya penulis mengumpulkan dari berbagai referensi ini tanpa ada paksaan dari siapapun. Karena moto saya sendiri yaitu "Hidup senang dengan memberikan banyak manfaat bagi orang lain". Sekian dan Terimakasih, semoga lekas sembuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daun Sambiloto Si Pahit Obat Asam Urat Alami Terbaik"

Post a Comment