Resep Ramuan Obat Herbal Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh Buatan Sendiri

Resep Ramuan Obat Herbal Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh Buatan Sendiri - Penyakit asam urat diakibatkan dari mengkonsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat melebihi batas normal, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibat yang ditimbulkannya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Resep Ramuan Obat Herbal Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh Buatan Sendiri

Penyakit ini timbul dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri bukan suatu semisal virus, ia merupakan zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup dan tanaman. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah dan menyebar ke dalam tubuh kita.

Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Resep Ramuan Obat Herbal Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh Buatan Sendiri

Untuk penyakit pengapuran, penyebab penipisan tulang rawan pada pengapuran sendi tidak diketahui secara pasti dan dianggap sebagai bagian dari proses penuaan. Setiap orang akan mengalami pengapuran sendi dengan tingkatan yang berbeda-beda.

Selain sebagai bagian dari proses penuaan, pengapuran sendi dipandang sebagai akibat dari beberapa faktor resiko sebagai berikut:
  • kelebihan berat badan; 
  • menderita kelemahan otot paha;
  • wanita berusia lebih dari 45 tahun; 
  • aktifitas fisik yang berlebihan, seperti para olah-ragawan dan pekerja kasar; atau
  • pernah mengalami patah tulang di sekitar sendi yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Pencegahan

Karena sebagai bagian dari proses penuaan, pengapuran sendi dan asam urat sebenarnya susah untuk dicegah. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi resiko timbulnya pengapuran sendi, dengan cara:

(1) menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan.
(2) tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.
(3) segera memeriksakan diri jika menderita nyeri sendi agar pengapuran sendi stadium ringan dapat dicegah tidak bertambah buruk menjadi stadium berat.

Gejala Asam Urat & Pengapuran Tulang 

Berikut beberapa gejala asam urat pada umumnya:
  1. Terdapat pembengkakan atau peradangan pada persendian, dimana persendian yang sakit terlihat kemerah-merahan
  2. Kelelahan yang menyertai rasa sakit pada persendian
  3. Perubahan bentuk tulang. ini diakibatkan jaringan tulang rawan yang semakin rusak, tulang semakin mulai berubah bentuk dan meradang dan menimbulkan rasa sakit yang sangat amat.
  4. Persendian terasa kaku dan nyeri ketika digerakan
  5. Kesulitan menggunakan persendian
  6. Bunyi pada setiap persendian

Resep Ramuan Obat Tradisional Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh

Resep Ramuan Obat Herbal Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh Buatan Sendiri

Banyaknya obat-obatan yang telah tersebar dipusat-pusat pembelanjaan kesehatan membuat mudah untuk menangani penyakit apapun. Namun semakin kesini, penggunaan obat kimiawi telah banyak bukti efek sampingnya yang berbahaya, ada yang memang terasa setelah lanjut usia, dan tidak sedikit orang yang masih remaja sudah mengalami penyakit ini. Walhasil, ramuan tradisional adalah cara yang paling aman untuk mengobati asam urat dan pengapuran tulang ini, semua kangan para ahli pun mengamininya.

Berikut kami uraikan sebagian obat herbal alami yang telah diyakini dandibuktikan keampuhannya untuk mengatasi asam urat dan pengapuran tulang:

Khasiat Mahkota Dewa

Pasti Anda sering mendengar mahkota dewa. Buah ini kaya akan khasiat salah satunya  senyawa darinya ampuh digunakan sebagai obat asam urat dan pengapuran tulang.

Caranya dengan menyediakan buah dari mahkota dewa sebanyak 5 gram, sediakan pula sambiloto yang telah kering sebanyak 10 gram, air sidaguri 15 gram. Cara membuatnya dengan mencuci terlebih dahulu segala bahan hingga bersih, rebus bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air. Setelah mendidih dan air menyusut sebanyak 1 gelas, diamkan dan saring. Anda bisa meminum air ini sebelum makan. Konsumsi ramuan ini secara teratur 2-3 kali dalam waktu sebelum dan sesudah tidur.

Ekstrak Minyak Zaitun

Sangat banyak penyakit yang bisa diaasi dengan minyak ini. Tidak terlepas dari perannya, minyak zaitun ini sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki penyakit seperti asam urat dan pengapuran tulang. Ia mampu mencegah peradangan.

Bagi orang yang menderita kedua penyakit ini, pasti sering mengalami peradangan yang berada di persendian bukan? Minyak zaitun, yang memiliki kandungan anti-inflamasi, kandungan ini akan membantu untuk meringankan sakit yang berada di persendian. Ia juga akan membantu untuk lebih menekan resiko tersumbatnya pembuluh nadi. Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun dengan tidak putus asa dan konsisten.

Manfaat Buah Mengkudu

Anda pasti akan langsung membayangkan betapa pahit, bikin mual dan tidak enaknya ramuan ini. Namun, demi badan yang sehat, sepertinya tidak ada masalah. Segera siapkan bahan seperti kunyit, jahe, cengkeh, kapulaga, daun sirih, serta kayu manis.

Cuci segala bahan tersebut sampai bersih. Rebus selama 20 menit. Setelah mendidih, angkat, saring, dan minum selagi masih hangat. Untuk meminimalisir rasa pahitnya, bisa ditambahkan gula aren aau madu. Jika kita sudah bisa rutin, penyakit yang diderita seperti asam urat dan pengapuran akan segera kabur.

Bunga Pukul Delapan

Tanaman bunga pukul delapan ini bersifat anti-radang yang banyak dikonsumsi untuk mengobati rasa sakit dan memperlancar air seni. Ini juga bisa dikonsumsi bagi penderita asam urat dan pengapuran. Pertama memang timbul rasa sakit namun lama-kelamaan berangsur menurun kadar asam urat dan pengapuran tulang yang dibuang bersama urine.

Cara meramunya: Ambil bunga pukul delapan 5-7 potong lalu rebus dengan tiga gelas air putih. Tunggu sampai mendidih dan ambil satu gelas saja. Dinginkan terlebih dahulu kemudian saring. Minum tiga kali sehari masing-masing satu gelas. Lakukanlah secara rutin!


Alternatif tanaman obat asam urat dan pengapuran memang beragam. Bahan-bahan ini pastinya mudah didapat dan tersedia di lingkungan sekitar. Selain mudah didapat, anda juga tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya, karena bahan-bahan ini bisa didapat secara gratis. Selain itu, sebaiknya anda juga melakukan perubahan pola konsumsi dengan menghindari makanan-makanan pantangan yang dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Ramuan Obat Herbal Asam Urat dan Pengapuran yang Ampuh Buatan Sendiri"

Post a Comment